Thursday, September 25, 2008

Selayang Pandang Organisasi Mahasiswa

Profil BEM

Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Stikes Wira Husada secara resmi terbentuk pada Tanggal 23 September 2002. Pembentukan ini didasarkan pada tanggal terselenggaranya Mubes pertama di Stikes Wira Husada.
Pertimbangan dibentuknya suatu organisasi kemahasiswaan adalah diperlukannya suatu wahana dan sarana pengembangan diri kearah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian.
Adapun visi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) perode 2007-2008 adalah Membangun Mahasiswa yang mempunyai karakter kritis,inovatif dan kreatif. Guna mewujudkan visi tersebut adapun langkah-langkah yang diambil yang lebih dikenal dengan misi. adapun misi, antara lain Mengadakan forum diskusi dan seminar oleh pakar - pakar dari diberbagai bidang sebagai implikasinya, Mengadakan kaderisasi yang matang dan terkoordinasi dengan baik, Membangun opini di tengah Mahasiswa tentang isu – isu kesehatan yang aktual, Menjalin hubungan dengan institusi kesehatan lainnya melalui forum komunikasi, sebagai implikasi dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.
Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Stikes Wira Husada terdiri dari empat bidang, antara lain bidang kerohanian, kemasyarakatan dan eksternal, keolahragaan dan pengembangan sumber daya manusia, Adapun progam kerja dari masing-masing bidang adalah sebagai berikut:
Bidang kerohanian terdiri dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD), Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dan UKM Kristen. Program kerja dari masing-masing UKM yaitu KMHD aantara lain Perayaan Hari Raya Hindu Nyepi, Dharma Shanti , Tirtayatra dan Bakti social. Dari LDK yaitu ceramah dan diskusi, madding, rapat pleno bulanan, rapat koordinasi departemen, mengikuti koordinasi nasional, Halal bihalal, training motivasi, peringatan maulid nabi, seminar islam konterporer, training hotbah jumat, dan training organisasi. Dari UKM Kristen antara lain Perayaan Natal bersama STIKES Wira Husada Yogyakarta dan AKPER, AKL Wiyata Husada Yogyakarta.
Bidang kemasyarakatan dan ekternal yaitu study banding dan bakthi social. Bidang keolahragaan terdiri dari dua UKM, antara lain UKM sepak Bola dan Bulu Tangkis. Adapun program kerja dari masing-masing UKM antara lain yauitu dari UKM sepak bola adalah Latihan rutin. Sedangkan pada UKM bulu tangkis yaitu sebagai berikut latihan rutin, latihan persahabatan I, Latihan persahabatan II, latihan persahabatan III dan latihan persahabatan IV.
Bidang pengembangan sumber daya manusia terdiri dari organisasi mahasiswa jurusan Keperawatan yaitu himpunan mahasiswa keperawatan (HIMAKEP). Program kerjanya merupakan kolaborasi antara program kerja BEM, antara lain Latihan dasar organisasis silaturahmi yayasan, akademik dan mahasiswa, seminar kesehatan, dan pengadaan mading.
Dari rencana kegiatan tersebut, adapun kegiatan yang telah terlaksana antara lain, tatap muka antara yayasan,akademik dan mahasiswa, latihan dasar oganisasi, titra yatra, , bakthi social dan perayaan hari raya hindu Nyepi, ceramah dan diskusi kordinasi nasional, rapat koordinasi departemen bagi LDK, latihan ruti persahabatan dan latihan ruti bagi UKM bulu tangkis dan sepak bola.




Struktur Kepengurusan BEM periode 2007-2008


1 comment:

Anonymous said...

Mari bergabung di Group STIKES WIRAH HUSADA
http://www.facebook.com/group.php?gid=163633634312